Friday

Bank Komersial


Bank-bank komersial merupakan pelaku utama dalam operasi mata uang. Bank akan menyimpan seluruh rekening pelaku pasar lainnya, melakukan konversi mata uang dan melakukan operasi deposit/kredit. Bank mengakumulasikan (melalui operasi pelanggan) permintaan pasar berupa konversi mata uang, menarik/menyimpan dana dan mentransfer dana mereka ke bank lain. Selain memenuhi permintaan pelanggan, bank juga bertransaksi dengan menggunakan rekening mereka sendiri.

Pada akhirnya, pasar mata uang merupakan pasar dari operasi-operasi antar bank, seperti pergerakan kurs mata uang dan suku bunga.
Bank internasional besar, yang volume operasi hariannya mencapai 1 milyar dolar, seperti Deutsche Bank, Barclays Bank, Union Bank of Switzerland, Citibank, Chase Manhattan Bank, dan Standard Chartered Bank, memiliki pengaruh yang sangat besar pada pasar valuta asing dunia. Transaksi besar dari bank-bank ini dapat menyebabkan perubahan signifikan dalam quote atau nilai mata uang. Para pemain pasar yang besar, biasanya dibagi dalam dua grup, yaitu bulls dan bears. Bulls merupakan pelaku pasar, yang ingin meningkatkan nilai mata uang; bears merupakan pelaku pasar, yang ingin membuat harga turun. Pasar biasanya berada dalam keseimbangan antara bulls dan bears, dan biasanya fluktuasi yang ada sangat kecil. Namun ketika, bulls atau bears meraih kekuasaan di pasar, maka nilai tukar mata uang mulai berfluktuasi secara tajam dan signifikan.

0 comments:

Post a Comment